Page

22 Agustus 2013

Income Pedia Tips Cara Mengatasi BlackBerry yang Sering Hang, Lemot dan Jam Pasir

Tips cara mengatasi BlackBerry yang sering hang, lemot dan jam pasir.

Sangat menjengkelkan ketika kita sedang membutuhkan informasi atau menunggu telepon dari seorang yang penting tapi tiba-tiba perangkat BlackBerry (BB) yang kita gunakan hang atau keluar jam kecil hitam yang terus berputar-putar. Hal ini tentu saja sangat merugikan, apalagi bila telepon yang ditunggu adalah dari rekan bisnis.

Banyak penyebab yang menjadikan BB lemot atau hang diantaranya adalah terlalu banyak memory digunakan dalam perangkat BB, bisa pada memory card (external memory) atau pada memory device (internal memory) perangkat BB. Disamping itu aplikasi yang tidak ditutup sempurna exit / close juga masih menyimpan memory berupa cache. Membuka beberapa aplikasi secara bersamaan juga sangat menguras memory yang ada, disamping tentunya ada hal-hal lain yang tidak dijelaskan secara spesifik disini.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membersihkan memory dari perangkat / device yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan unjuk kerja BlackBerry yang kita miliki. Pada kesempatan ini akan sedikit dijelaskan langkah sederhana dan minim resiko agar BB kita lebih cepat kerjanya. Berikut langkah-langkahnya :

1. Dengan melakukan Cache Cleaning

Biasanya bila kita membuka browser pada perangkat BB cachenya masih tersimpan dalam memory dan ini dapat mengurangi unjuk kerja perangkat. Cara membersihkannya :

Masuk ke browser --> Tekan logo BB  --> Options --> Cache Operations --> Clear History + Content Cache (Clear) + Pushed Content (Clear) + Cookie Cache (Clear) --> klik Back --> Cleaning Memory

2. Event Log Cleaning Homescreen 

Setiap menjalankan aplikasi pada BlackBerry selalu tersimpan dalam Event Log, Anda bisa membersihkan Event Log dengan cara :

Tekan dan tahan tombol alt lalu tekan huruf l --> g --> l --> g  secara berurutan --> Tekan logo BB --> pilih Clear Log.

3. Memory Cleaner 

Pada perangkat BB sendiri sebenarnya telah disediakan aplikasi untuk membersihkan memory, tetapi biasanya setting defaultnya adalah di disable atau tidak diaktifkan. Untuk mengaktifkannya lakukan langkah-langkah berikut :

Klik Options --> Security Options --> Advance Security Options --> Memory Cleaning --> Pada Status set Enable --> Clean When Holstered set yes --> Clean When Idle set yes (Idle timeout set sesuai kehendak), Show Icon on Home Screen set yes (untuk memunculkan shortcut Clean Memory pada menu, biasanya berbentuk gambar printer) --> klik Back --> Save

Pada Home Menu --> Memory Cleaner —> Clean

4. Soft Reset

Soft reset adalah me-restart perangkat BB tanpa mencabut baterai, hal ini juga berfungsi menghapus memory temporary pada perangkat, caranya :

Tekan tombol : Alt + Aa + del secara bersamaan, jika berhasil BB akan restart.

5. Hard Reset

Hard reset pada prinsipnya hampir sama dengan soft reset yaitu me-restart perangkat BB, hanya perbedaannya pada hard reset adalah dengan mencabut baterai BB dan diamkan selama 3 - 5 menit, hal ini agar energy yang tersimpan dalam perangkat BB benar-benar habis dan dengan sendirinya akan menghapus cache dan hal lain yang tersimpan dalam memory device. Hard reset ini dianjurkan untuk dilakukan secara berkala setidaknya seminggu sekali.

6. Biasakan menutup aplikasi dengan exit / close

Ketika kita membuka aplikasi seperti facebook, twitter, browser termasuk kamera biasanya kita menutupnya dengan menekan tombol back atau logo tutup telpon (khusus kamera bila tidak di close akan memakan power baterai sehingga baterai cepat habis), sebaiknya untuk menutup aplikasi kita tekan Logo BB —> Exit / Close

Demikianlah Tips cara mengatasi BlackBerry yang sering hang lemot dan jam pasir semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar